Sunday, January 6, 2019

9 Tips Agar Tetap Sehat

Di dalam tubuh yg sehat terdapat jiwa yang kuat. Mungkin pepatah ini sudah sering kita dengar sejak kecil. Kondisi yang bugar dan sehat memang menjadi dambaan setiap orang. Sehat adalah kebutuhan semua mahkluk hidup, bukan hanya kita manusia. Namun, sehat tidak dapat dibeli dengan uang, tetapi dibangun oleh diri kita sendiri.
9 Tips Sehat
Menjalani aktivitas kerja yang cukup berat menguras energi yang besar. Hal ini menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah dan rentan terkena penyakit. Kesibukan kerja menimbulkan kelelahan fisik serta pikiran yang dapat mengakibatkan stress. Apabila kita lupa akan pentingnya menjaga kesehatan, dengan cara menerapkan gaya hidup sehat maka kondisi kesehatan kita akan terancam.
Kedengarannya memang sepele, namun bila sudah terlanjur jatuh sakit maka penyesalan akan datang. Oleh karena itu, sebelum terjadi pada diri kita, sebaiknya ikuti 9 tips sehat berikut ini. Jika jika dilakukan secara rutin, maka anda akan merasakan manfaatnya.

1. Cukupi Kebutuhan Nutrisi
Jika kita memenuhi kebutuhan nutrisi yang tepat dan tercukupi, maka tubuh kita akan sehat. Tubuh yang sehat selalu didukung nutrisi yang cukup. Kebutuhan empat sehat lima sempurna dalam makanan wajib kita konsumsi sehari-hari. Perbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran, dan sebaliknya hindari makanan cepat saji/junk food. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji/junk food menyebabkan tubuh rentan terkena penyakit.

2. Perbanyak Minum Air Putih
Air adalah kebutuhan penting manusia. Rutin dan perbanyak minum air putih akan menambah daya tahan tubuh, menghindarkan tubuh dari dehidrasi selama beraktivitas. Setidaknya 8 gelas air putih per hari akan membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh. 

3. Konsumsi Vitamin C
Vitamin C sangat bermanfaat bagi kekebalan dan daya tahan tubuh. Di pasar, ada banyak vitamin C yang beredar dan diperjualbelikan. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya akan kandungan Vitamin C. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak pernah melupakan tips yang satu ini.

4. Olahraga Teratur
Jangan pernah lupa untuk berolahraga, sesibuk apapun aktivitas kita. Olahraga tidak harus di pusat kebugaran, namun bisa dilakukan di halaman rumah. Paling tidak, luangkanlah waktu untuk berolahraga 3 kali dalam seminggu dengan melakukan gerakan ringan sekitar 30 menit. Dengan rutin berolahraga, maka tubuh kita tidak akan mudah sakit.

5. Istirahat Yang Cukup
Setelah bekerja, gunakan waktu untuk istirahat. Hindari menggunakan ponsel Anda terlalu lama. Sangat penting untuk mematikan ponsel Anda ketika Anda tidur, sehingga Anda tidak mengganggu jam istirahat Anda. Ketika Anda bangun pagi berikutnya, Anda bisa segar kembali.

6. Lakukan Refleksi
Jadwal kerja yang sangat sibuk membuat Anda lupa melihat kondisi fisik tubuh Anda. Karena itu, luangkan waktu selama istirahat kerja atau saat liburan, untuk melakukan serangkaian perawatan refleksi (pijat). Setidaknya sebulan sekali di tempat refleksi pelanggan Anda, agar tubuh Anda tidak mudah lelah dan selalu prima.

7. Rekreasi Di Waktu Libur
Ketika akhir pekan tiba, gunakan waktu yang tersedia untuk piknik misalnya untuk hanya menikmati suasana di tempat terbuka dan melihat pemandangan hijau. Itu tidak harus di tempat yang mewah jauh. Hanya berjalan kaki singkat dapat mengurangi stres setelah lelah bekerja

8. Perbanyak Senyum
Senyum adalah ibadah. Senyum juga membuat hati kita gembira dan lebih bersemangat. Dengan kita tersenyum, pikiran kita akan menggiring seluruh tubuh kea rah yang positif dan lebih sehat.

9. Berdoa
Berdoalah kepada sang pencipta. Dengan berdoa, kita akan merasa dekat dengan sumber kekuatan yang Maha Besar. Berdoa akan memberi rasa tenang bagi hati dan pikiran kita.

Demikian 9 Tips sehat untuk anda. Mulailah dari sekarang, karena sehat itu sangat mahal. Selamat mencoba!
Load disqus comments

0 comments