Monday, January 7, 2019

7 Tips Gaya Hidup Sehat Tahun 2019

Menjalani gaya hidup sehat bukan berarti harus berlatih berjam-jam di pusat kebugaran dan hanya makan daun salad. Namun ini tentang bagaimana Anda membuat pilihan sehat yang mudah dikelola dalam kehidupan sehari-hari Anda.
7 Tips Gaya Hidup Sehat 2019
www.kisahsukses.online
Cara agar gaya hidup Anda lebih sehat adalah dengan membuat perubahan kecil yang sehat setiap hari, seperti naik tangga dari atas ke bawah, makan buah satu per satu, minum satu gelas air atau berhenti merokok. Jadi mari kita mulai dengan hal-hal mendasar dari gaya hidup sehat : olahraga teratur , makan sehat dan pilihan gaya hidup sehat:

1. Terus bergerak
Bukan hanya sekali tetapi lakukan setiap hari, kapan pun Anda bisa. Meskipun sesi olahraga yang ditetapkan sudah sangat bagus, Anda juga dapat membakar lemak dengan cara-cara kecil lainnya, seperti:
Berjalan ke meja orang lain daripada mengirim e-mail, Parkir paling jauh dari gedung dan berjalan masuk, atau naik tangga lebih sering, melakukan pembersihan rumah atau berkebun, ajak anjing berjalan-jalan atau bersepeda bersama anak-anak dari pada menonton TV

2. Kurangi Keseringan Duduk Dengan Berdiri
Kita menghabiskan hidup kita dengan duduk  di depan notebook, depan TV, dalam rapat atau di telepon. Penelitian baru muncul menyoroti potensi risiko terhadap kesehatan dari semua perilaku duduk kita. Jadi hentikan waktu duduk Anda dengan berdiri selama lima menit dan menuai manfaat kesehatannya. Setiap hitungan kecil anda berdiri, dapat membantu membakar lebih banyak kalori.

Jika Anda kelebihan berat badan, melakukan sedikit perubahan dalam rutinitas olahraga harian Anda , dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Satu penelitian menemukan bahwa penurunan 10% berat badan membantu orang yang kelebihan berat badan mengurangi tekanan darah , kolesterol , dan meningkatkan kesehatan mereka mereka.

3. Makan sehat
Dalam hal makan sehat, ada banyak sekali teori, buku diet, dan informasi online tentang apa yang harus dimakan , namun seringkali saling bertentangan. Meskipun penelitian masih berlangsung dan berkembang, yang disetujui oleh para ahli adalah bahwa diet kita terlalu tinggi gula, porsi kita terlalu besar dan kita harus makan berbagai makanan alami.

4. Kontrol Asupan Gula
Dari minuman hingga sereal sarapan, sulit untuk menjauh dari sifat manis. Seringkali gula disembunyikan di dalam makanan kaleng atau makanan dalam kemasan, atau bahkan dalam makanan yang kita anggap sehat bagi kita, seperti jus buah. Rata-rata orang mengonsumsi sekitar 22 sendok teh gula tambahan setiap hari. Menurut American Heart Association, target harian seharusnya tidak lebih dari enam sendok teh untuk wanita, dan sembilan untuk pria — itu untuk gabungan makanan dan minuman.

Cara termudah untuk membatasi asupan gula Anda dengan satu perubahan kecil adalah dengan mengurangi minuman bersoda manis. Ini saja dapat membantu Anda menurunkan atau mempertahankan berat badan yang sehat, yang pada gilirannya akan mengurangi risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

5. Perubahan Porsi Makanan
Ukuran porsi makanan dan minuman telah meningkat secara dramatis selama 30 tahun terakhir. Pada 1950-an, sebuah paket chip 28g dari restoran yang bisa dibawa pulang , hari ini sudah 154g  dan itu juga bukan ukuran besar.

Peningkatan ukuran porsi makanan tidak hanya mencakup makanan yang bisa dibawa pulang, tetapi pengemasan barang di supermarket, piring makan dan gelas di restoran dan bahkan ukuran kulkas! Cara sederhana untuk memotong porsi makanan Anda termasuk dengan:
- Makan makanan utama Anda dari piring yang lebih kecil - secara visual piring terlihat penuh sehingga Anda akan puas, tetapi secara teknis Anda akan makan lebih sedikit.
- Gunakan piring di dapur. Daripada memiliki hidangan di meja makan jauh lebih mudah beberapa detik ketika itu tepat di depan Anda.
- Makanlah dalam porsi kecil secara teratur (setidaknya setiap empat jam) agar Anda tidak pernah kelaparan. Jika Anda sampai pada titik kelaparan, sangat sulit untuk berhenti sebelum Anda makan berlebihan.

6. Menu Makanan Yang Beragam
Memilih makanan utuh dan memasak dari awal adalah cara yang jauh lebih sehat untuk makan daripada membeli makanan yang sudah dikemas atau siap saji yang tinggi lemak dan garam tetapi nutrisi yang sangat rendah. Untuk memastikan Anda mendapatkan beragam nutrisi, vitamin, dan mineral ke dalam tubuh Anda setiap hari - aturan praktisnya adalah memilih beragam warna untuk makanan Anda. Jadilah artis makanan Anda dengan beragam buah dan sayuran berwarna kuning, merah, dan hijau sepanjang hari. Kening  anda akan mengerut jika makanan Anda semua berwarna cokelat.

7. Berhenti Merokok
Tidak ada yang lebih merusak kehidupan yang panjang dan sehat dari pada  merokok. Merokok diperkirakan sebagai alasan kematian atau kecacatan pada separuh orang yang merokok. Bahaya merokok tembakau sangat signifikan sehingga menjadi masalah kesehatan masyarakat yang paling penting di dunia, yang ironisnya, sebagian besar justru dapat dihindari.

Merokok tidak hanya memotong masa hidup Anda dengan memengaruhi organ-organ internal Anda, tetapi juga membuat Anda semakin tua dengan menyebabkan kerusakan kulit. Merokok tembakau dapat membuat Anda keriput, membuat garis kerutan di sekitar mulut Anda, menodai gigi dan jari Anda, merampas nutrisi kulit Anda, memecah kolagen yang meningkatkan awet muda dan membuat kulit Anda terlihat abu-abu. Itu membuat Anda bertanya-tanya bagaimana merokok sukses dipasarkan sebagai glamor dan menarik.

Dibutuhkan keberanian untuk berhenti merokok , karena ini bukan perjalanan yang mudah - tetapi ini adalah pilihan yang berani dan masuk akal. Beberapa perubahan positif akan terjadi dengan cepat, sementara yang lain akan lebih bertahap, tetapi semua perubahan akan menguntungkan kesehatan dan kesejahteraan Anda.
Load disqus comments

0 comments